Langsung ke konten utama

MICROSOFT POWER POINT 2010

Microsoft Power Point 2010 merupakan aplikasi pengolah presentasi dari Microsoft Corporation dirilis untuk menggantikan Microsoft Power Point 2007. Beberapa fitur telah ditambahkan dan disempurnakan di Microsoft Power Point 2010.

1. Menjalankan Power Point 2010
    Start Menu → All Program → Microsot Office → Microsoft Power Point 2010.
2. Menyimpan Dokumen Power Point
    - Klik Menu tab File → Save
    - [Ctrl] + S
    - Save As untuk menyimpan kembali dokumen Power Point yang dibuka.
3. Membuka file Power Point
    File → Open atau menekan tombol [Ctrl] + O
4. Menutup Aplikasi Power Point
    File → Close atau klik tombol Exit yang berada di pojok kanan atas jendela aplikasi atau dengan tombol [Alt] + [F4]


PENGATURAN SLIDE

1. Menambahkan Slide
    Klik gambar ikon menu New Slide pada group menu Slides tab ribbon Home.


Hasil gambar untuk ikon new slide

2. Menghapus Slide 
    Klik kanan pada slide pilih Delete Slide.


MENAMBAHKAN OBJEK

1. Menambahkan teks
    Pada slide baru akan terdapat kotak kosong yang bertuliskan "Click to add tittle" atau "Click to add text". Gunakan group menu Font yang terdapat pada tab ribbon Home untuk mengedit teks.
2. Menambahkan Gambar
    Aktifkan slide kemudian pada tab ribbon Insert klik gambar ikon menu Picture, lalu pilih gambar yang akan ditambahkan. Gambar ClipArt dan Shapes juga bisa ditambahklan pada slide.
3. Menambahkan Tabel
    Klik ikon menu Table pada menu ribbon Home, kemudian tentukan jumlah kolom dan barisnya.
4. Menambahkan SmartArt
    SmartArt digunakan untuk menampilkan diagram ataupun bagan pada slide presentasi. Klik gambar ikon menu SmartArt pada group menu Illustration tab ribbon Insert., pilih dan klik SmartArt yang diinginkan.

Hasil gambar untuk ikon smart art
5. Menambahkan Grafik
    Digunakan untuk menampilkan data yang disajikan dalam bentuk angka dan gambar. Klik gambar ikon menu Chart pada group menu Illustration, pilih dan klik jenis grafik yang diinginkan kemudian akan ditampilkan lembar Excel untuk memasukkan data pada grafik.
6. Menambahkan Audio dan Video
    Pada tab ribbon Insert group menu Media Clips pilih untuk memasukkan audio atau video yang diinginkan.

MENAMBAHKAN DESAIN

Digunakan agar tampilan slide presentasi terlihat lebih menarik. Klik tab ribbon Design, lalu klik desain yang diinginkan pada group menu Themes, maka slide presentasi akan berubah sesuai desain yang dipilih. Apabila ingin mengubah warna desain, klik gambar ikon menu Colors pada group menu Themes kemudian pilih dan klik warna yang diinginkan. Pilih Create New Theme Colors apabila ingin membuat settingan warna sendiri.

MENAMBAHKAN EFEK TRANSISI

Efek transisi adalah efek animasi perpindahan antara halaman slide sebelumnya ke slide selanjutnya. Klik tab ribbon Animations pada group menu Transition to This Slide pilih jenis animasi transisi yang diinginkan. Transition Sound digunakan untuk menambahkan efek suara pada transisi, dan Transition Speed digunakan untuk mengatur kecepatan transisi.

MENAMBAHKAN EFEK ANIMASI

Aktifkan objek atau teks yang akan diberi efek animasi, pada tab ribbon Animations group menu Animations pilih dan klik jenis animasi yang diinginkan. Klik tombol Preview pada menu group Preview untuk melihat hasil animasi yang telah diterapkan.

MEMBUAT HYPERLINK

Hyperlink merupakan tautan yang dibuat pada slide presentasi untuk membuka slide yang dituju ketika link yang dibuat pada teks atau objek diklik.
Sisipkan teks atau objek yang akan digunakan untuk membuat link, tandai teks atau objek tersebut, kemudian klik gambar ikon menu Hyperlink pada tab ribbon Insert pada group menu Links, maka muncul kotak dialog Insert Hyperlink. Pilih dan klik Place in This Document, pilih slide tujuan pada Select a Place in This Document sub Slide Titles. Klik OK untuk menerapkan.

MENJALANKAN SLIDE PRESENTASI

Klik tab ribbon Slide Show pada group menu Start Slide Show klik gambar ikon menu From Beginning atau tekan tombol [F5] di keyboard.

MENCETAK DOKUMEN POWER POINT

File → Print. Maka akan ditampilkan kotak dialog Print , tentukan printer yang akan digunakan dan banyak salinan yang akan dicetak. Pada kelompok menu Setting tentukan halaman yang akan dicetak, kemudian jumlah slide per halaman, urutan halaman, dan warna tinta printer yang ingin digunakan. Kemudian klik gambar tombol printer untuk mulai mencetak. 













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dubes Jerman Berkunjung Ke UIN Sunan Kalijaga

Dubes Jerman Berkunjung Ke UIN Sunan Kalijaga Duta Besar (Dubes) Republik Federal Jerman untuk Indonesia Michael Freiher von Ungern-Sternberg beserta Atase Bidang Kebudayaan dan Press Jerman Jorg Kinnen bertemu akademisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kedatangan Dubes Jerman disambut oleh Pimpinan kampus di Ruang Rektor Gedung Pusat Administrasi Umum (PAU), Kamis (9/3).

Membuat Tabulasi pada Ms Word

Tabulasi (Tab) digunakan untuk memindah posisi kursor ke tempat yang diinginkan dengan perataan teks tertentu. - Ikon Left Tab digunakan untuk perataan teks sbelah kiri tab stop - Ikon Right Tab digunakan untuk perataan teks sebelah kanan tab stop - Ikon Center Tab digunakan untuk perataan teks dengan rata tengah dari posisi tab stop - Decimal Tab digunakan untuk menentukan jenis tabulasi untuk format desimal - Bar Tab digunakan untuk menentukan jenis tabulasi berupa garis tegak lurus pada posisi tab stop.